Rabu, 03 November 2010

kalium dan kesehatan

Apakah kalium dibutuhkan oleh tubuh ?
Tahukah kalian apa saja yang dibutuhkan dalam tubuh kita ? banyak sekali bukan ? Apakah kalian pernah berpikir, bahwa kalium merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam tubuh kita ? dan kebutuhan ini harus selalu terpenuhi agar terjadi keseimbangan dalam tubuh .
Kalium adalah salah satu unsur yang dibutuhkan dalam tubuh kita . Kalium ? hmm .. mendengar namanya saja seperti suatu unsur dalam golongan IA, yang berarti alkali dan bersifat logam. Ya memang benar . Dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan potasium. Unsur ini ditemukan oleh Davy pada tahun 1807. Dan kalium ini adalah logam pertama yang diisolasi melalui elektrolisis.
Kalu kita amati, kalium ini sangat reaktif dan yang paling elektropositif di antara logam-logam. Logam yang lunak , mudah dipotong dengan pisau dan tampak keperak-perakan pada permukaan barunya.
Kalium sangat dibutuhkan untuk pupuk. Kalium merupakan bahan penting untuk pertumbuhan suatu tanaman, karena campuran logam kalium dan natrium digunakan sebagai media perpindahan panas.
Karena kalium sangat dibutuhkan untuk pupuk tanaman, maka kalium banyak ditemukan pada makanan sehari-hari. Seperti pada jeruk, pisang, kentang, alpukat, bayam, tomat, dan masih banyak lainnya.
Semua makanan ini sangat dibutuhkan dalam tubuh dan mengandung kalium. Kalium membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbangan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kulit kering, jerawat, insomnia, kolestrol, hipertensi, hypokalemia, dll. Penyakit hypokalemia bisa membawa kita pada maut.
Oleh karena itu, atur asupan makanan yang dibutuhkan dalam tubuh kita. Agar semua zat dapat terpenuhi setiap hari dan tubuh kita terjaga dari berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar